Jumat, 20 Februari 2009

Guru Kreatif

Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari dalam dunia pendidikan. Namun sesungguhnya mendidik itu beda dengan mengajar. Mengajar hanya dilakukan untuk transfer pengetahuan saja, tapi mendidik merupakan kegiatan yang mencangkup pengajaran, pemberian keteladanan, evaluasi, reward, dan sebagainya yang menumbuh kembangkan potensi atau bakat peserta didik serta kepribadiannya secara tahap-demi tahap dan berkesinambungan.

Peserta didik merupakan suatu sosok yang sedang mengalami perkembangan diri dan potensi sesuai fitrahnya masing-masing. Untuk itu dibutuhkan seorang pendidik yang berkompeten dalam mendidik.

Dini hari, banyak pendidik yang mengkhususkan dirinya hanya untuk mengajar. Namun tindak-tanduknya sebagai seorang pendidik_ yang bisa dibilang dapat memberikan teladan bagi para peserta didiknya_ kadang tidak sesuai dengan profesinya. Contohnya saja, peristiwa seorang guru yang menampari wajah muridnya satu-persatu. Di mana sisi keteladanan yang tercangkup dalam kompetensi kepribadian yang harus dimiliki seorang guru atau pendidik manapun atau dalam profesi apapun.

Alangkah baiknya bila profesi guru tidak hanya dibekali dengan konsentrasi keilmuwannya saja. Namun kompetensi kepribadian seorang pendidik perlu dibina dan diarahkan. Untuk itu, sering pula diadakan training bagi para pendidik.

Seorang pendidik tidak hanya dituntut untuk profesional dalam bidang studi yang diajarkannya saja, tapi metode-metode pengajaran yang kreatif selalu dibutuhkan oleh para peserta didiknya. Misalnya, ia memang menguasai bidang studi yang diajarkannya, tetapi ia tidak mempunyai cara yang efektif untuk menyampaikan tujuan pembelajaran dari bidang studi yang ia ajarkan.

Kreatifitas guru, sangat penting. Hal ini berfungsi agar kegiatan belajar mengajar tidak terkesan kaku dan membosankan. Banyak peserta didik yang tidak menyukai suatu pelajaran karena kurang menyukai pendidiknya. Entah sikap pendidiknya atu sisi kreatifitas pendidik tersebut.

Belum lama, pada tanggal 8 Pebruari 2009, diadakan pelatihan bagi guru-guru di kecamatan Parung kabupaten Bogor. Dalam pelatihan tersebut, para guru mengungkapkan hal-hal yang menjadi hambatan untuk melakukan sebuah kreatifitas mengajar di kelas.

Faktor-faktor terbesar antara lain: kurangnya daya dukung sekolah dan malas. Hampir semua guru menyatakan bahwa dirinya malas untuk menciptakan suatu kreativitas pengajaran dan mencobanya.

Daya dukung sekolah merupakan satu faktor yang memang tidak tereelakkan untuk menciptakan suatu kreativitas yang akan dibangun seorang guru. Media pembelajaran merupakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang keefektifan penyampaian suatu bidang studi.

Namun, tak kalah hebohnya hambatan yang dapat berakibat fatal, yaitu MALAS. Seseorang kalau sudah mengkultuskan dirinya malas, sudah..! Habis perkara!!! Guru malas, gimana muridnya. Guru itu tak hanya sekedar profesi, semua orang dapat menjadi guru secara langsung atau pun tidak.

Guru merupakan profesi yang paling tua dalam jagad raya ini. Tuhan pun guru untuk para pembawa risalahNya. Dalam konteks keislaman ada Character Building seorang pendidik di dalam Al-Qur’anul Karim. Di antaranya :
1. Berani
Berani mengakui kesalahan dan berani mengakui yang ia tidak tahu

2. Jangan malas untuk mencari ilmu atau menambah ilmu

3. Gunakanlah kelasmu sebagai alat untuk memperkenalkan Allah SWT kepada muridmu

4. Seorang guru mempunyai kode etik pakaian. Pakaian sikap yaitu akhlaqul karimah sebagai pakaian takwa mencangkup pakaian dalam arti sebenarnya

5. Senantiasa menginstrospeksi diri. Bisa dengan istighfar, shalawat, karena orang yang menahan dirinya untuk marah, Allah akan menjaga mulutnya dengan ilmu.

6. Janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh balasan yang lebih banyak. Guru dalam hal profesi bisa mengharapkan pekerjaannya untuk memperoleh penghasilan. Terkadang, tuntutan hidup selalu membayangi, hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa menginginkan gaji yang besar. Jadikan Allah sebagai latar belakang untuk melakukan sesuatu.

7. Bersabar
Syarat bersabar antara lain ikhtiar lalu tawakkal.

Hal ini bisa kita jiwai dalam surat Al Muddatsir ayat 1-7. Sesungguhnya, telah diatur sedemikian rupa di alam segala kegiatan manusia. Kita menjalaninya menurut fitrah kita.

Kata orang bijak : Pengajar Biasa memberi Tahu. Pengajar Yang Baik Menjelaskan. Pengajar Yang Lebih Baik Mendemonstrasikan. Pengajar Terbaik Memberikan Inspirasi. (William A Ward)

Gerakan seorang pendidik, berupa gesture misalnya bisa mengundang perhatian para peserta didik begitu juga dengan diamnya, suaranya, gaya interaksi, pemusatan perhatian peserta didik, jenis pertanyaan yang ditawarkan oleh pendidik, keterampilan bertanyanya, dan siasat menutup pelajaran pun merupakan kegiatan yang membutuhkan kreativitas penuh seorang pendidik.

Komunikasi efektif bisa berjalan bila seorang pendidik mengetahui mitra bicaranya, ketahui tujuan, perhatikan konteks, pelajari kultur dan pahami bahasa.

Untuk itu dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah strategi. Apakah itu strategi??? Strategi merupakan teknik atau cara. Strategi pembelajaran merupakan belajar proses aktif yang menghasilkan perubahan perilaku baik pengetahuan, keterampilan maupun perasaan (Cytil O Houle). Strategi pembelajaran adalah cara atu teknik yang digunakan oleh fasilitator dalam proses pembelajaran, yaitu pendidik.

Training-training yang diperlukan oleh seorang guru tak hanya teori semata. Guru merupakan agen of change yang mutlak ada di negeri ini, dibelahan dunia mananpun. Yang mengajarkan mimpi, cita-cita, inspirasi bagi peserta didiknya yang merupakan generasi pelurus bangsa ini.

Jadilah Anda, seorang pendidik yang dirindukan, dikagumi dan sekaligus disegani. Tugas Anda memang berat, namun yakinlah, itulah amanah dari Tuhan kepada kita semua sebagai wakilnya di muka bumi ini. Cintailah profesi Anda, meski terdapat kejenuhan dalam perjuangan. Buktikan Anda adalah Pahlawan yang tak terbayarkan dengan gelar apa pun. Kami, anak bangsa selalu menantimu…..Wahai Para Pengubah Inspirasi Dunia.

February, 11 2009
-lady_wizh-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

readbud - get paid to read and rate articles
Get paid To Promote at any Location

Neobux (Klak-klik dapet duit)

Motto


. Hidup adalah Perjuangan...Maka berjuanglah untuk Hidup yang lebih baek

. Lakukan yang terbaek hari ini, waktu yang tlah berlalu tak akan kembali lagi